Monday, September 8, 2014

Menanam Pohon untuk Masa Depan

Bumi yang kita tinggali ini tak selamanya hijau. Harus ada orang yang membuat Bumi kita tercinta ini selalu hijau. Apa yang akan kita wariskan untuk anak cucu kita? Mulailah dengan menanam pohon. Wah, bicara pohon tentu kita pernah mendengar filosofi pohon kelapa bukan? Ya, pohon kelapa memiliki manfaat dari akar hingga daunnya. Meskipun setiap pohon pasti memiliki manfaat. Setuju? Bagaimana dengan anda. Apa yang ingin anda hadiahkan untuk masa depan anak cucu kita. Tanamlah pohon yang bisa dimanfaatkan untuk anak cucu seperti durian, mangga, alpukat, dan pohon berbuah lainnya.Marilah kita menanam pohon untuk kelestarian alam dan menjaga Bumi kita agar tetap hijau lestari.
Inilah view cantik panorama Gunung Salak di awal bulan Desember  tak jauh dari Bogor Fig Garden.

Pohon Tin jenis Purple Jordan, usia 9 bulan. Daunnya cukup subur setelah diberi kompos cair buatan sendiri
Pohon tin jenis Purple Jordan ini mulai berbuah di awal bulan Oktober.

Salah satu pohon yang sedang ngetren di Indonesia adalah pohon tin. Pohon ini nama latinnya adalah  Ficus carica L. Pohon ini dapat dimanfaatkan buahnya. Buahnya sangat manis dan dikenal di Eropa dengan sebutan fig. Pohon ini relatif mudah ditanam dan bisa berbuah jika ditanam di wilayah Indonesia. Di negara asalnya wilayah Mediterania, pohon ini dimanfaatkan buahnya sebagai manisan dan selai. Buahnya tanpa biji. Yang disebut buah sebenarnya adalah bunga. Bunga itu berbentuk unik sehingga tak sembarang ngengat buah dapat melakukan penyerbukan. Wah, menarik bukan? Memang patut dicoba.


5 comments:

  1. Maaf mau tanya jenengan pakai pupuk cair buatan sndiri brrti organik? Mohon info ilmu buatnya 😊 kalau boleh

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Maaf mau tanya jenengan pakai pupuk cair buatan sndiri brrti organik? Mohon info ilmu buatnya 😊 kalau boleh

    ReplyDelete
  4. Maaf mau tanya jenengan pakai pupuk cair buatan sndiri brrti organik? Mohon info ilmu buatnya 😊 kalau boleh

    ReplyDelete
  5. Pupuk cair yang saya buat adalah dengan teknik organik yaitu dengan menggunakan perendaman bahan-bahan organik (daun2 tertentu ditambah pupuk kandang) selanjutnya dilakukan perendaman dengan air tanpa udara (anaerob)selama sebulan. Air dari proses inilah yang digunakan sebagai pupuk cair. Lebih lengkapnnya nanti InsyaAllah saya posting artikel di blog. Salam :)

    ReplyDelete