Thursday, June 9, 2016

Lakukan Prunning Pada Pohon Tin untuk Mengurangi Dominasi Tunas Apikal


Anda tak sabar pohon tin kesayangan Anda tak kunjung berbuah? Cobalah untuk melakukan pemangkasan dahan dan ranting atau prunningMulailah dengan memangkas tunas apikal pada pohon tin Anda. Tunas apikal adalah tunas yang tumbuh di pucuk (puncak) batang. Dominasi apikal dan pembentukan cabang lateral sangat dipengaruhi oleh keseimbangan konsentrasi hormon. Dominasi apikal diartikan sebagai persaingan antara tunas pucuk dengan tunas lateral dalam hal pertumbuhan. Selama masih ada tunas pucuk/apikal, pertumbuhan tunas lateral akan terhambat sampai jarak tertentu dari pucuk. Dominasi apikal disebabkan oleh auksin yang didifusikan tunas pucuk ke bawah (polar) dan ditimbun pada tunas lateral. Hal ini akan menghambat pertumbuhan tunas lateral karena konsentrasinya masih terlalu tinggi. Pucuk apikal merupakan tempat memproduksi auksin. 
Pohon tin jenis Purple Yordan (tinggi 2 meter, usia 2 tahun)


fig
Bibit tin kami yang ditanam di Bogor.


Auksin adalah zat hormon tumbuhan yang ditemukan pada ujung batang, akar, dan pembentukan bunga yang berfungsi untuk mengatur pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung. Auksin merupakan hormon pertama yang ditemukan dan disintesis dalam batang, akar apeks dan ditransportasikan di aksis tanaman. Hormon auksin diproduksi secara endogen pada bagian pucuk tanaman. Dominasi apikal biasanya ditandai dengan pertumbuhan vegetatif tanaman seperti, pertumbuhan akar, batang dan daun. Dominasi apikal dapat dikurangi dengan mendorong bagian pucuk tumbuhan sehingga produksi auksin yang disintesis pada pucuk akan terhambat bahkan terhenti. Hal ini akan mendorong pertumbuhan tunas lateral (ketiak daun).

Buah tin yang tumbuh pada setiap ketiak daun membutuhkan hormon yang memancing bertumbuhan bunga dan buah. Cara pemangkasan di atas setidaknya dapat membantu pohon Anda agar memperoleh penyebaran hormon secara merata di setiap dahan sehingga memancing pertumbuhan bunga. Untuk kasus pohon tin yang malas berbuah cara ini dapat diterapkan pada pertengahan musim penghujan. 

Nah, silakan Anda menerapkan tips di atas. semoga pohon tin kesayangan Anda berbuah lebat dan indah dipandang mata.

Semoga bermanfaat! Salam. 


Admin

BOGOR FIG GARDEN

No comments:

Post a Comment